GERBERA


ASAL TANAMAN GERBERA
Gerbera atau hebras termasuk salah satu tanaman hias pandatang dari luar negeri (introduksi).Tanaman ini diduga berasal dari Afrika Selatan, Afrika Utara, dan Rusia.
Orang yang pertama kali berjasa sebagai penemu tanaman gerbera adalah Traug Gerber, seorang naturalis berkebangsaan Jerman yang melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan. Dalam perkembangan selanjutnya diketemukan pula jenis gerbera hibrida oleh Jamenson. Berawal dari jasa kedua orang penemu tadi, tanaman gerbera dikukuhkan dengan nama Gerbera Jamesonii Bolus ex Hook.

Sejak kapan tanaman gerbera masuk ke Indonesia? Belum diketemukan data (keterangan) yang terinci secara pasti. Sebagian kalangan menduga tanaman ini masuk ke Indonesia bersamaan dengan lintas perdagangan berbagai komoditas pertanian sekitar abad XIX. Sejak saat itu sampai sekarang dikenal adanya jenis hebras lokal. Jenis ini diduga berasal dari hasilintroduksi pada masa lalu dan telah beradaptasi di daerah tropis Indonesia.
Dalam perkembanagan selanjutnya tanaman gerbera meluas ditanam dibeberapa negara di dunia, baik negara (daerah) yang beriklim sedang (subtropis) maupun iklim panas (tropis). jenis - jenis baru yang banyak diperkenalkan akhir - akhir ini umumnya adalah gerbera hibrida. Negara yang merintis pengembangan gerbera hibrida antara lain adalah Belanda.


Dikutip dari Buku Ir. Rahmat Rukmana